DO’A

Jum’at ke-3

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’min 40:60)

Hampir semua aktivitas kita, selalu kita awali dengan do’a dan diakhir juga kita akhiri dengan do’a. sebegitu pentingkan sebuah do’a? ayat di atas sudah jelas sekali bahwa Allah akan mengabulkan do’a setiap umatNya yang mau memanjatkan do’a. Dengan do’a yang kita panjatkan, berarti umat isalm juga menjaga konsistensi dan mengakui betapa pentingnya Zat Yang Maha Kuasa, kita tidak akan memungkiri siapa diri kita dan siapa yang menciptakan kita serta apa tujuan hidup kita karena kita akan tetap sellalu meminta perlindungan dan petunjuk dari Allah swt.

Mengapa kita enggan berdo’a? seharusnya kita sebagai manusia biasa ini selalu dan sesering mungkin untuk melakukan/memanjatkan do’a, karena para Nabi juga selalu berdo’a meminta petunjuk dan perlindungan kepada Allah. Di bawah ini beberapa riwayat yang menggambarkan bahwa para Nabi juga memanjatkan do’a.

Menurut riwayat Bukhari secara ringkas dapat diterangkan sebagai berikut: Orang-orang kafir Mekah dalam menghalang-halangi agama Islam dan menyakiti serta mendurhakai Nabi Muhammad s.a.w. sudah melewati batas, karena itu Nabi mendoa kepada Allah agar diturunkan azab sebagaimana yang telah diturunkan kepada orang-orang yang durhaka kepada Nabi Yusuf yaitu musim kemarau yang panjang. Do’a Nabi itu dikabulkan Allah sampai orang-orang kafir memakan tulang dan bangkai, karena kelaparan. Mereka selalu menengadah ke langit mengharap pertolongan Allah. Tetapi tidak satupun yang mereka lihat kecuali kabut yang menutupi pandangan mereka. Akhirnya mereka datang kepada Nabi agar Nabi memohon kepada Allah supaya hujan diturunkan. Setelah Allah mengabulkan do’a Nabi, dan hujan di turunkan, mereka kembali kafir seperti semula; karena itu Allah menyatakan bahwa nanti mereka akan diazab dengan azab yang pedih. (Muqaddimah Surat Ad Dukhaan).

Do’a nabi Ibrahim a.s ini isinya antara lain: permohonan agar keturunannya mendirikan shalat, dijauhkan dari menyembah berhala-berhala dan agar Mekah dan daerah sekitarnya menjadi daerah yang aman dan makmur. Do’a Nabi Ibrahim a.s. ini telah diperkenankan oleh Allah s.w.t. sebagaimana telah terbukti keamanannya sejak dahulu sampai sekarang. Do’a tersebut dipanjatkan beliau ke hadirat Allah s.w.t. sesudah selesai membina Ka’bah bersama puteranya Ismail a.s., di dataran tanah Mekah yang tandus. (Muqaddimah Surat Ibrahim).

Nabi Zakaria a.s. berdo’a dan dikabulkan oleh Allah s.w.t., Do’a Nabi Zakaria a.s adalah beliau meminta dianugerahi seorang putera sebagai pewaris dan pelanjut cita-cita dan kepercayaan beliau, sedang usia beliau sudah sangat tua dan isteri beliau seorang yang mandul yang menurut ukuran ilmu biologi tidak mungkin akan terjadi. (Muqaddimah Surat Maryam).

Allah Maha Segala-galanya. Apakah setiap do’a kita akan dikabulkan? Insya’allah do’a yang kita panjatkan akan terkabulkan tetapi perlu diingat, kapan terkabulkannya dan berupa apa yang terkabulkan itu hanya rahasia Allah s.w.t. Banyak sekali buku-buku yang membahas masalah do’a, kita dapat mempelajari adab dan tata cara berdo’a serta ucapan/lafal dari do’a tersebut.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS. Al-Baqarah 2:186)

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ke' said,

    terkadang kita lupa bahwa kitalah yang butuh padaNya, bukan sebaliknya…apalagi disaat gembira, lupa kalau smua itu ujian dariNya..astaghfirullohal’adzim

  2. 2

    ke' said,

    terkadang kita memang terlalu sombong dan lupa kl kitalah yang butuh pada-Nya dan bkn sebaliknya…apalagi saat gembira, kita lupa kl smua itu adalah ujian dari-Nya…astaghfirullohal’adzim…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: