Tiket Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu moda angkutan yang sangat diperlukan oleh masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau bagi kalangan menengah kebawah, kecuali kereta eksekutif yang harganya tidak bisa dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah, bahkan harga tiket kereta eksekutif kadang lebih mahal dibandingkan dengan tiket pesawat.

Bagaimana sih pelayanan dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola TUNGGAL perkerta apian di indonesia?Pengamatan ane sih, sangat kecil sekali perubahan yang dilakukan untuk “men-service” penumpangnya. Contoh mudahnya, coba silahkan cek di http://www.kereta-api.co.id/ yang merupakan situs resmi dari instasi tersebut. Untuk sekedar pengecekan tiket dan jurusan beserta harganya saja susah sekali untuk melakukannya bahkan sering sekali situs tersebut down, belum juga dengan fasilitas-fasilitas yang ada di dalam kereta. Tetapi untuk yang satu ini, mungkin sudah ada perbaikan yang lumayan walaupun tentunya sangat minim sekali bila dibandingkan dengan kenaikan harga khusunya di kelas Eksekutif. Perbaikan yang dilakukan di bidang per-tiketan juga masih jalan ditempat, khusunya mengenain manajemen penyaluran tiketnya, mungkin hanya tiket eksekutif yang sudah bisa diakses dan dibayar melalui ATM dengan terlebih dahulu memesannya melalui call-center. Tetapi semua itu tidak akan berlaku apabila musim liburan tiba ataupun hari-hari besar/libur, pasti tiket-tiket tersebut akan “raib” entah kemana, dan anehnya…. dengan meminta pertolongan pegawai PT. KAI (ma’af, baca = calo) kadang-kadang kita masih bisa mendapatkannya. Ini terjadi ketika orang tua penulis akan melakukan perjalanan dari Madiun ke Jakarta, ketika salah satu keluarga memesan tiket, katanya tiket sudah habis tetapi ketika meminta pertolongan salah satu rekan saudara…. eehh, alhamdulillah dapat juga tiket tersebut, bahkan bisa memesan PP (Pulang-Pergi).

Bagaimana yang cara meningkatkan mutu dan kualitas PT. KAI ? Mungkin salah satu cara yang harus dilakukan adalah memberikan kelonggaran peraturan tentang “monopoli” yang diberikan pemerintah kepada PT. KAI tersebut. Memunculkan perusahaan-perusahaan swasta dibidang perkeretaapian pasti akan memberikan persaingan yang sehat dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penggunanya. Ini sudah terbukti dibidang telekomunikasi, sekarang masyarakat menengah ke bawah-pun sudah memegah alat komunikasi untuk mempermudah komunikasi denga rekan dan keluarga. Semoga regulasi ini juga diterapkan di bidang KELISTRIKAN yang saat ini sedang melakukan kenaikan tarif-nya. Dengan adanya perusahaan swasta ini juga diharapkan berkurangnya kecelakaan dibidang trasnportasi khusunya kereta api, semoga kecelakaan kereta LOGAWA di daerah Madiun menjadi kecelakaan terakhir, AMIN…..

1 Response so far »

  1. 1

    Bener Emang harus Gitu KAI, PLN, Pertamina emang harus ada saingannya klo nggak ya kayak gitu2 terus. bilangnya rugilah, apalah??? ada contoh lagi pesawat dulu pas jaman masih monopoli harganya 500% dari harga sekarang


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: